Kamis, 28 Juni 2012


Udotea argentea Zanardini
Nama Latin: Udotea argentea


Klasifikasi
Kerajaan          Plantae
Divisi           Chlorophyta
Kelas        Chlorophyceae
      Bangsa          Bryopsidales
              Suku           Codiaceae
                      Marga         Udotea
                             Jenis         Udotea argentea

Deskripsi
Spesies udotea argentea  merupakan salah satu dari divisi chlorophyta, alga ini merupakan alga hijau (chlorophyceae). Perbedaan dengan divisi lainnya adalah memiliki warna hijau yang jelas seperti pada tumbuhan tingkat tinggi karena mengandung pigmen klorofil a dan klorofil b lebih dominan dibandingkan karotin dan xantofil. Hasil asamilasi beberapa amilum, penyusunnya sama pula seperti pada tumbuhan tingkat tinggi  yaitu amilose dan amilopekti (sulisetjono,2009:65-66).

Alga berperan sebagai produsen dalam ekosistem. Beberapa jenis alga yang hidup bebas di air terutama yang tubuhnya bersel satu dan dapat bergerak aktif merupakan penyusan fitoplanton. Sebagian besar fitoplanton adaah anggota alga hijau, pigmen klorofil yang demikian efektif melakukan fotosintesis sehingga alga hijau merupakan produsen utama dalam ekosistem perairan (sulisetjono,2009:66).

Alga ini agaknya harus di anggap berbentuk multiseluler artinya, bulatan kosong merupakan satu individu dan organisme multiseluler. Garis antara koloni sel-se individu dan organisme multiseluler sejati, sel-sel unsur pokok itu tidak dikhususkan ke bentuk jaringan khusus atau organ-organ (kimball,1999:868).

Spesifikasi dari spesies Udotea argentea ciri-ciri umum adalah Penampakannya alga ini hampir sama dengan U.flabellum hanya lembaran-lembaran thallinya agak melengkung dan berbentuk menyerupai buah pear atau bentuk ginjal.

Perkembangbiakan dari spesies Udotea argentea adalah Membentuk komunitas bersama dengan Udotea lainnya dan Halimeda, terutama di perairan laut sekitar Sulawesi. Habitat. Hidup di zona pasang surut yang berdasar pasir bercampur Lumpur. Sering membentuk koloni. Merupakan alge asosiasi oada padang lamun.
Manfaat dari spesies Udotea argentea itu belum dimanfaatkan secara ekonomis bagi masyarakat.









Foto lainnya


Daftar pustaka
Kimball, john W. 1999. Biologi Jilid 3 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Sulisetjono. 2009. Alga. Malang: UIN press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar